Mendagri Buka Rakor  Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Suksesnya  Pilkada Serentak Tahun 2020

Mendagri Buka Rakor Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2020

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Politik dan Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Suksesnya  Pilkada Serentak Tahun 2020 yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Kamis (27/02/2020). Rakor ini dibuka langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian dan diikuti oleh 34 Ketua Bawaslu Provinsi dan Ketua Bawaslu Kab/Kota Se-Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Dalam Pembukaannya, Tito Karnavian mengatakan agar Pemerintah Daerah (Pemda) yang melaksankan Pilkada agar lebih intensif berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada.”Pemerintah Daerah herus bersinergi dan kompak dengan pihak keamanan dalam menjaga kestabilan keamanan begitu juga dengan penyelenggara agar lebih intensif berkoordinasi.” Ujarnya.

Kemudian ia juga menegaskan agar ASN harus tetap menjaga netralitasnya dan Pemda bisa mentaati aturan terkait mutasi ASN . “ dihimbau agar tidak memutasi ASN dengan waktu 6 bulan sebelum penetapan Pasangan calon tetap kecuali dianggap urgen harus mendapat ijin dari Mendagri.” Tambahnya.

Selain itu ia juga menambahkan agar Pemda yang melaksanakan Pilkada segera mencairkan dana Pilkada agar penyelenggaraan bisa belajalan dengan lancar dan baik serta penyelenggara bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal.

Dalam Kegiatan Rakor ini Bawaslu Kabupaten Sambas diwakili langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Ikhlas. ST.

 

Penulis : Marna Ideal

Postingan Terkait

Berita Bawaslu Sambas

Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Pada Masa Tenang Pemilihan Umum 2019

Berita Bawaslu Sambas

Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum Bersama Generasi Milineal Sebagai Pemilih Pemula Pemilihan Umum 2019

Berita Bawaslu Sambas

Kegiatan Pelipatan Dan Penyortiran Surat Suara Pemilu 2019

Agenda Kegiatan

Jadwal Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Sambas

Komentar